Tips Traveling Anti Boros, Ini Cara Milenial Liburan Tanpa Menguras Tabungan

Liburan merupakan hal yang paling dinantikan setiap orang, tidak terkecuali kaum millennial, dimana anak muda memiliki tingkat kebosanan lebih tinggi jika melakukan hal yang ditempat sama setiap harinya. Sehingga memilih liburan di tempat jauh dan belum pernah dikunjungi sebelumnya, tetapi berlibur juga akan menguras kantong hingga tabungan, tetapi ada tips traveling yang bisa di contoh dari kaum millennial.

Ada beberapa post yang ternyata bisa dikurangi jumlah pengeluaran, sehingga tidak perlu menabung lama hingga puluhan tahun hanya untuk pergi ke luar negeri. Beberapa anak millennial bahkan memilih dengan cara backpacker yaitu pergi liburan tanpa menggunakan akomodasi kelas satu, bahkan siap membawa perbekalan sendiri.

Tips traveling anak millenial
Sumber : huffingtonpost.com

Tetapi, Anda akan lebih menikmati liburan itu sendiri. Ada banyak pelajaran yang dipetik, mulai dari cara mengatur waktu, keuangan dan kesehatan. Berada di alam terbuka akan mengajarkan tubuh menjadi lebih kuat, dari pada saat berada di tempat nyaman. Sehingga ada baiknya untuk melakukan traveling minimal sekali dalam setahun.

5 Tips Traveling Aman Dari Kaum Millenial

  1. Budayakan Memakai Uang Tunai

    Memang transaksi money digital sangat mudah dan aman, ada banyak keuntungan baik pembeli dan penjual, namun ini juga akan menguras dompet. Misalkan, Anda berbelanja di toko retail, maka harus membeli dengan jumlah tertentu untuk penggunaan kartu, baik debit atau kredit. Sehingga belanja yang awalnya hanya puluhan ribu harus melejit hingga ratusan ribu rupiah.

    Hal ini coba diterapkan kaum millennial saat pergi liburan, ternyata membawa uang cash lebih hemat dari pada menggunakan kartu. Mulai dari estimasi belanja lebih berkurang, bisa menahan hawa nafsu untuk membeli barang dan tidak akan stres setelah mendapatkan tagihan setelah liburan. Jangan sampai hanya untuk bersenang-senang harus menguras tabungan.

    Baca juga : Tips Untuk Anak Milenial Yang Ingin Sukses Sebagai Content Creator

  2. Tiket Promo

    Anda jangan pernah ragu dengan penawaran tiket promo, anak millennial memasukkan hal tersebut dalam tips traveling di akhir tahun. Pasalnya banyak maskapai penerbangan, apalagi untuk kelas luar negeri memberikan promo menarik yang dapat dipesan dari jauh hari. Bisa mulai hitungan bulan hingga tahun, semakin jauh masa pemesanan maka harganya akan semakin murah.

    Anda bahkan hanya mengeluarkan setengah bahkan kurang dari perhitungan akomodasi normal, ini jelas sangat menguntungkan apalagi jika tiket sudah dibayarkan jauh hari. Tinggal membuat jadwal wisata dan dana sisanya bisa digunakan untuk membeli oleh-oleh, hal wajib yang suka ditanyakan keluarga dan teman setelah pergi jauh.

  3. Kunjungi Objek Wisata Gratis

    Pergi ke daerah wisata, sudah jelas akan terkena tiket masuk. Kenapa tidak memilih tempat wisata yang tidak terkena retribusi tiket, ini juga tetap menyenangkan. Beberapa tempat baru yang tidak kalah keren, memang belum ditemukan banyak orang sehingga tidak dipungut biaya retribusi sama sekali. Hasilnya, Anda akan menjadi trend setter untuk teman lainnya.

    Dari mana anak millennial mendapatkan informasi tersebut? internet sudah sangat maju, coba cari dari media sosial teman atau saudara, apalagi ke tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Hal menarik tidak harus ditebus dengan harga mahal, masih banyak objek wisata gratis yang menyuguhkan keindahan alam sesungguhnya.

  4. Bawa Bekal

    Orang tua selalu akan membekali anak-anak makanan sebelum berangkat sekolah, tujuannya agar tidak jajan sembarangan. Ternyata bukan itu saja, diharapkan anak tidak jajan sehingga uang saku utuh, hal serupa coba diterapkan kaum millennial dalam tips traveling murah meriah mereka. Pasalnya tidak ragu untuk membawa bekal agar lapar di perjalanan.

    Apalagi harga makanan di bandara, terminal dan stasiun sangat tinggi. Ini akan menghabiskan uang saku selama liburan, jangan tergiur dengan merk ternama yang selalu berjajar di bandara. Harganya akan jauh lebih mahal dari membeli di store yang sama namun di luar bandara, apalagi dengan aksesori lucu, jangan mudah tergiur membeli di bandara karena di luar harganya jauh lebih murah.

  5. Jangan Borong Oleh-Oleh

    Kebiasaan orang indonesia jika liburan selalu mencari oleh-oleh untuk saudara, teman dan orang spesial. Ini hal yang salah, kaum millennial menerapkan dalam tips traveling, tidak membeli oleh-oleh untuk siapa pun. Jika memang ingin tahu, datang sendiri atau bisa ikut liburan bersama, kenapa bisa demikian? Bagaimana jika Anda dikatakan pelit.

    Kenapa sebaiknya tidak belanja oleh-oleh, karena ini akan membuat gelap mata dan membeli barang yang tidak diperlukan. Nafsu belanja tidak hanya terjadi pada para wanita, namun ada banyak laki-laki yang menghabiskan hampir semua budget liburan untuk membeli souvenir. Jika memang ingin punya kenangan, beli saja secukupnya. Karena tambahan barang akan membuat Anda kesulitan packing dan membawa tas lebih banyak dari sebelumnya.

Nah, coba terapkan tips traveling ala anak millennial di atas, sudah jelas tidak perlu menabung puluhan tahun hanya untuk liburan ke tempat yang Anda idamkan. Jangan tunda liburan hingga tua, manfaatkan waktu muda untuk eksplore seluruh dunia. Percaya atau tidak, sering pergi dan menjelajah tempat baru akan membuat Anda awet muda dan memiliki banyak pengalaman.

Chairunisa Amalia Hapsari

Dreamer, Chocolate Lover, Travel Buff, Family Women, Movie Freak, and can't stand a day without Music.

2 thoughts on “Tips Traveling Anti Boros, Ini Cara Milenial Liburan Tanpa Menguras Tabungan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *