Lifestyle

4 Tips Mengatur Keuangan Habis Gajian buat Wanita

Mengatur keuangan menjadi kemampuan wajib yang harus dimiliki wanita. Apalagi kalau kelak wanita memiliki rumah tangga sendiri bersama suami. Oleh sebab itu, belajar tentang keuangan mandiri sebaiknya mulai dilakukan dari sekarang.

Selagi masih mudah, maksimalkan pendapatan yang kamu miliki agar bermanfaat buat hidupmu. Begini tips mudah mengatur keuangan setelah gajian biar kamu nggak boros. Silakan kamu praktikkan mulai dari sekarang ya!

Buat Anggaran Bulanan

Buat Anggaran Bulanan

sumber: Pexels

Wanita biasanya paling sulit mengontrol pengeluaran karena sering tidak sadar membelanjakan banyak hal. Inilah pentingnya membuat anggaran bulanan sebelum uang gajian habis terpakai. Bagi beberapa kebutuhanmu dalam sebulan, mulai dari menabung, keperluan bulanan, hiburan, dan lain-lain.

Kamu bisa pergunakan 60% penghasilan untuk hidup sehari-hari, 20% untuk menabung, serta 20% untuk hiburan. Patokan ini tidak serta merta berlaku untuk semua orang ya. Kamu bisa mengubahnya dengan menyesuaikan kondisimu selama ini, termasuk apakah kamu masih single atau sudah berkeluarga.

Sisihkan Anggaran Menabung Tepat setelah Gajian

Sisihkan Anggaran Menabung Tepat setelah Gajian

sumber: Pexels

Cara mengatur keuangan berikutnya adalah dengan disiplin menyisihkan uang untuk ditabung selepas gajian. Jauh sebelum membelanjakan gaji untuk keperluan bulananmu, pastikan anggaran untuk menabung kamu amankan. Kamu sangat disarankan memiliki rekening terpisah agar mempermudah mengontrol tabunganmu.

Baca Juga:  5 Manfaat Punya Teman Blak Blakan, Sarkas Hingga Kasar

Kebanyakan wanita kesulitan menabung karena sedari awal tidak memprioritaskan diri untuk hal ini. Padahal, sangat penting untuk memiliki tabungan karena kamu tidak tahu apa yang akan terjadi pada dirimu kelak. Tabungan dapat membantumu tetap bertahan di masa sulit serta mempersiapkan masa depanmu lebih baik.

Bijak dalam Berbelanja

Bijak dalam Berbelanja

sumber: Pexels

Setelah kamu sudah punya anggaran untuk belanja, belajarlah untuk menaati anggaran tersebut. Belanjakan barang-barang yang memang sudah sepatutnya kamu penuhi. Hindari belanja untuk hal-hal kurang penting, apalagi sampai membuat anggaran belanjamu membengkak.

Andai anggaran belanjamu tersisa, ada baiknya kamu alokasikan uang sisa tersebut untuk masuk ke simpanan atau tabungan saja. Lagipula kamu tidak harus kan menghabiskan anggaran tiap bulannya. Akan jauh lebih baik kalau kamu bisa berhemat dari apa yang sudah kamu anggarkan.

Evaluasi Pengeluaran Sebulan

Evaluasi Pengeluaran Sebulan

sumber: Pexels

Terakhir, evaluasilah keuanganmu selama sebulan tersebut. Coba nilai diri sendiri, apakah kamu sudah cukup baik dalam mengelola gajimu atau belum. Dari apa yang sudah kamu lakukan bulan ini, kamu bisa memprediksi rencana bulan depan serta memperbaiki tindakan yang kurang tepat.

Evaluasi ini juga membantumu lebih patuh dan taat dalam menggunakan uang loh. Kamu menjadi lebih sadar diri untuk memikirkan masak-masak sebelum membelanjakan uang. Lama-kelamaan, kamu tidak perlu cemas deh kehabisan uang selepas gajian.

Baca Juga:  4 Keburukan Multitasking, Hentikan Mulai Sekarang!

Meski sulit, mengatur keuangan pada dasarnya hanya butuh niat dan kedisiplinan kok. Yuk, ubah kebiasaan finansialmu menjadi lebih baik mulai dari sekarang!

You Might Also Like...

No Comments

    Leave a Reply