Tisu Basah
Body & Skin Care

Tisu Basah Untuk Membersihkan Wajah, Kenali Dampak Negatifnya!

Tisu Basah memang efektif untuk membersihkan kotoran dengan bau menyengat, bahkan kamu juga menggunakannya untuk membersihkan wajah. Sebenarnya, ini boleh saja digunakan saat darurat, bukan setiap harinya. Pasalnya banyak kandungan bahan kimia yang akan membuat kulit wajah menjadi kering dan sensitif.

Tisu multifungsi ini memang sangat praktis, bisa membersihkan apapun dan mudah didapatkan. Itulah kenapa, kamu juga memilih menggunakan tisu yang biasanya tercium aroma segar tersebut untuk membersihkan kotoran di wajah. Lebih baik cara ini tidak lagi digunakan, apalagi untuk menghilangkan makeup, pasalnya ada efek buruk secara permanen yang akan kamu rasakan nantinya.

Tidak banyak yang tahu, jika penggunaan tisu basah tidak disarankan, apalagi untuk kulit sensitif. Seperti kulit wajah, bayi dan area kewanitaan. Ini akan menyebabkan jamur penyebab gatal, iritasi hingga munculnya ruam. Namun karena kemudahan, masih banyak dari kamu yang memilih tisu tersebut untuk membersihkan wajah, coba kenali dampak buruknya.

4 Dampak Buruk Penggunaan Tisu Basah Untuk Wajah

Bahaya Tisu Basah

Sumber : popbela.com

  1. Kulit Terasa Lebih Kering

    Kamu mungkin boleh berbangga punya kulit normal, bisa menggunakan skin care dan makeup apapun. Sehingga terkesan sembarangan dalam memilih produk, apalagi terlalu sering menggunakan tisu praktis basah tersebut, ini ternyata bisa membuat kelembapan kulit berkurang. Bahkan kamu akan merasakan sendiri jika kulit kini terasa lebih kering dan kasar.

    Hal ini karena kandungan alkohol yang cukup tinggi, apalagi untuk dry skin, tidak disarankan menggunakan tisu dalam kondisi basah terlebih lagi dengan tambahan parfum. Ini akan membuat kulit jadi lebih kering, kasar bahkan muncul iritasi. Ini kulit bayi, biasanya akan muncul ruam yang terasa sangat gatal dan membuat bayi lebih sering menangis.

  2. Penunaan Dini

    Kulit akan mengalami penunaan itu pasti, namun kamu juga melakukan perawatan wajah untuk menunda penunaan dini bukan. Jika masih saja menggunakan tisu praktis untuk membersihkan wajah, ini akan membuat penunaan dini lebih cepat terjadi, apalagi di area mata. Pasalnya ini bagian yang paling rapuh dan jarang mendapatkan perawatan penuh.

    Tisu Basah Untuk Wajah

    Sumber : manaberita.com

    Jangan kaget, jika kamu berkaca dan melihat ada banyak garis halus di bawah kelopak mata. Ini memang bisa ditutupi dengan menggunakan concealer atau eyeshadow, namun penunaan dini terjadi akan semakin cepat dan membuat kerutan di bagian lainnya. Lebih baik, hentikan penggunaan tisu basah, gunakan air saja atau micellar water untuk membersihkan makeup waterproof.

  3. Mudah Berjerawat

    Bagi kamu yang memiliki kulit acne prone, memang harus lebih hati-hati dalam memilih produk skin care dan makeup. Pasalnya kulit berminyak harus memilih based water, jika based oil, maka kelembapan akan semakin tinggi dan membuat wajah semakin bruntusan. Jika kamu pakai tisu basah untuk membersihkan kotoran dan sisa makeup di wajah, ini akan menimbulkan jerawat.

    Baca juga : Kulit Sehat Alami Bisa Kamu Dapatkan Dengan 5 Langkah Ini

    Pasalnya tisu tersebut memiliki kandungan alkohol tinggi, terdapat parfum yang biasanya tidak cocok untuk acne prone. Selain itu, bukannya membersihkan debu dan sisa makeup, malahan membuat sebum dan parfum tercampur, pada akhirnya akan menyumbat pori-pori. Inilah kesalahan yang masih kamu lakukan hingga sekarang.

  4. Kantong Mata Mengendur

    Membersihkan wajah secara menyeluruh, itu artinya juga menghilangkan kotoran di area mata. Perlu berhati-hati dengan area mata, pasalnya ini bagian wajah yang mudah mengalami penunaan dini atau terjadinya kerutan halus. Coba perhatikan lagi, ada beberapa garis halus bukan, ini terjadi bukan hanya karena pertambahan usia, melainkan penggunaan makeup atau skin care tidak sesuai.

    Ada baiknya, jika kamu menemukan kantong mata yang mudah mengendur dan sebelum berwarna kehitaman. Gunakan eye cream secara rutin, ini efektif untuk mengembalikan kelembapan kulit dan menyamarkan garis halus, bahkan hingga menghilangkannya. Hindari penggunaan skin care dengan kandungan alkohol dan parfum.

Jika kamu masih saja menggunakan tisu basah untuk membersihkan wajah, mulai hentikan dari sekarang. Ini bukan solusi praktis dan cepat, pasalnya bisa mengantarkan kamu pada penunaan dini lebih cepat dari perhitungan normal. Gunakan saja air dengan suhu normal, ini jauh lebih baik atau bisa menggunakan micellar water untuk menghilangkan makeup tebal yang sudah kamu gunakan seharian.

Baca Juga:  3 Rekomendasi Sampo Alami Untuk Merawat Rambut

You Might Also Like...

No Comments

    Leave a Reply