Mertua Tukang Kritik
Relationship

Trik Cerdas Hadapi Mertua Tukang Kritik, Jangan Cuma Sabar Dan Pasrah Saja

Menikah bukan hanya sebuah keputusan besar, namun kamu harus siap bersinggungan dengan keluarga besar pasangan. Tidak sedikit dari teman atau saudara yang mendapatkan mertua tukang kritik, ini bukan hal menyenangkan, tapi kamu sudah cinta dengan pasangan bukan, tidak mungkin mundur begitu saja. Jadi, bagaimana cara mengatasinya.

Kenapa hanya berkeluh kesan, jika kamu bisa mencari solusi tepat dalam masalah dunia mertua. Ini hal baru, sudah jelas karena kamu belum pernah menikah sebelumnya. Jadi, sudah pasti belum punya pengalaman, jika hanya mendengar cerita orang lain, belum tentu solusi yang diberikan itu tepat dan sesuai dengan kenyataan yang kamu hadapi.

Memberikan kritik dan saran itu boleh saja, asalkan bisa membantu dan membangun orang lain menjadi lebih baik lagi. Tapi apakah hanya harus sabar untuk menghadapi mertua tukang kritik, apalagi jika kamu bukan kriteria menantu idaman secara keseluruhan. Tapi, dari pada terus menerus bertengkar dengan pasangan, ada baiknya kamu mencoba menghadapi mertua dengan lebih bijak.

Solusi Cerdas Menghadapi Mertua Tukang Kritik

Cara Menghadapi Mertua Tukang Kritik

Sumber : winecountry.citymomsblog.com

  • Mengubah Topik Obrolan

    Selalu ada pembicaraan yang dibawa dalam setiap pertemuan, inilah yang terjadi pada mertua dan menantu. Sudah jelas, kebanyakan mertua dan menantu perempuan tidak akur, hal ini karena adanya dominasi pada anaknya yang tidak lagi sekarang ini jadi suami kamu. Apa yang harus kamu lakukan? Coba ganti topik yang lebih menyenangkan.

    Ini cara yang cukup ampuh untuk mencegah terjadinya kritikan, semua orang tentu tidak sempurna bukan. Misalkan, mertua datang saat kamu baru pulang kerja, kondisi rumah belum rapi dan tidak ada makanan. Coba hidupkan televisi dan ambil saluran kesukaan mertua, biasanya sinetron jadi solusi tepat. Kamu tidak akan kena omelan dan mertua tetap happy datang ke rumah.

  • Bicarakan Secara Langsung

    Jangan hanya ngedumel atau marah-marah di belakang mertua, ini akan memancing kemarahan atau pertengkaran dengan pasangan. Bagaimana pun juga itu orang tuanya, tentu tidak ingin dikatakan buruk bukan. Kenapa tidak mencari timing yang tepat untuk mengutarakan uneg uneg selama jadi menantu dan mertua, toh kamu ingin menjalin hubungan silaturrahmi yang harmonis dan berlangsung selamanya bukan.

    Tips Hadapi Mertua Tukang Kritik

    Sumber : mirror.co.uk

    Tidak semua mertua tukang kritik itu hanya bisa mencela atau ngomel, mereka juga bisa mendengarkan keluh kesan atau perasaan kamu. Ini akan membuat hubungan kalian jadi lebih dekat, akrab dan semakin mengerti satu sama lain. Dari pada hanya bisa menahan amarah yang bikin penyakit, coba bicarakan dari hati ke hati sesama wanita.

  • Coba Cari Solusi Dari Pasangan

    Karena ini masalah datang dari orang tua pasangan kamu, coba cari informasi apa saja yang disukai dan tidak disukai, sehingga kamu akan terhindar dari mulut pedas mertua tukang kritik. Tentu saja, sebagai anak dia tahu karena sudah hidup lama sebelumnya. Jika memang sudah lama tidak bersama, pastinya mengerti sifat dan sikap orang tuanya.

    Baca juga :5 Cara Menjaga Hubungan Tetap Mesra Dengan Pasangan 

    Sehingga kalian tidak perlu bertengkar jika mendapatkan kritikan dari mertua, malahan saling mendukung dengan menutupi kekurangan satu sama lain. Ini wujud kekompakan, supaya tetap terlihat rukun dan harmonis di depan orang tua. Selain itu, kamu dan pasangan bisa saling bertukar pikiran, bagaimana cara menghadapi mertua masing-masing dengan lebih bijak dan tanpa pertengkaran.

  • Mencoba Menerima Kritikan

    Tidak semua kritikan pedas yang dikatakan mertua ini buruk bukan, coba pilah pilih lagi, mana yang memang membantu atau sekadar hanya omong kosong belaka. Kebanyakan mertua mengomel karena merasa kurang puas dengan kinerja menantunya, ini solusi yang cukup bagus untuk meladeni mertua tukang kritik tanpa memancing keributan.

    Tapi lihat lagi, apa latar belakang kenapa kritikan itu muncul. Jika memang kesalahan yang kamu lakukan, tidak ada salahnya mengikuti saran dari mertua, toh ini akan membuat hubungan mertua menantu jadi lebih baik. Bahkan bisa jadi, pasangan akan menghargai kamu karena menghormati orang tuanya.

Baca Juga:  5 Bahasa Cinta yang Harus Kamu Tahu Biar Makin Hangat sama si Dia

Jika kamu dari mertua sudah seperti ibu dan anak, bisa dibilang tidak ada masalah dalam keluarga. Ini akan mengurangi satu pertengkaran yang mungkin saja terjadi, jika masalahnya tentang mertua tukang kritik. Coba dengarkan kritikan dari mertua dan praktekan, ini akan memberikan nilai plus tersendiri. Tapi kalau datang hanya untuk ngomel tanpa kejelasan, siapkan saja kesabaran, toh mertua tidak akan datang setiap harinya.

You Might Also Like...

No Comments

    Leave a Reply