Pengelolaan Pendapatan Wanita
Lifestyle

Trik Cerdas Pengelolaan Pendapatan Wanita, Tanpa Utang!

Wanita bekerja di zaman modern saat ini bukan hal tabu, bahkan bukan hanya di kota besar. Pasalnya sekarang wanita setara dengan pria, akan diberikan kesempatan yang sama. Tapi apakah bekerja jadi hal penting setelah menikah, setelah mendapatkan nafkah dari suami. Bagi kamu yang merasa penting, ada baiknya mulai mempelajari pengelolaan pendapatan wanita, ini akan sangat membantu kamu di masa depan.

Pasalnya sebagian besar wanita yag memilih tetap bekerja setelah menikah, akan menikmati uang gajinya sendiri. Egois, tentu saja tidak, pilihan kamu apakah masih ingin bekerja atau tidak. Karena wanita bekerja menjadikan nilai plus, dimana sudah terbiasa berpikir panjang, jelas dan punya pendirian kuat.

Bagi kamu yang masih single atau sudah menikah, sebaiknya paham dengan prinsip pengelolaan pendapatan wanita. Ini akan menjadi hal penting, karena uangnya tidak hanya sekadar mampir saja. Namun bisa memberikan nilai tambah di masa depan, jangan sampai gaji bertahun-tahun hanya menguap begitu saja tanpa jejak.

Cara Pengelolaan Pendapatan Wanita Untuk Jauh Dari Utang

Cara Pengelolaan Pendapatan Wanita

Sumber : qerja.com

  • Punya Tujuan Jelas

    Apa yang jadi motivasimu bekerja? Menerapkan ilmu yang sudah peroleh, tidak ingin merepotkan orang lain atau ingin memperbanyak teman. Jika sudah punya tujuan jelas, maka bisa mulai pengelolaan pendapatan wanita, sehingga memudahkan kamu untuk memilah dan memilih, mana yang jadi kebutuhan atau sekadar keinginan.

    Pastikan membeli semua barang dalam list kebutuhan, sebelum nantinya kamu menginginkan hal lainnya. Ini yang kamu perlukan, kalau tidak tersedia kamu pasti akan mengalami kesulitan. Misalkan seperti barang kebutuhan sehari-hari, kebutuhan penunjang karir hingga membantu orang tua. Setelah itu, bisa kamu terapkan pada hal lainnya.

    Jangan lupa untuk menetapkan tujuan jangka pendek, menengah dan masa depan. Ini akan memberikan gambaran kasar, apa yang ingin kamu lakukan besok, lusa dan seterusnya. Kamu bahkan bisa mewujudkan mimpi yang sebelumnya hanya khayalan, pasalnya sudah merencanakan jauh hari. Misalkan ingin punya rumah sendiri, ada baiknya memulai tabungan yang terencana, sehingga bisa punya rumah di usia yang kamu inginkan.

  • Pembuatan Anggaran Bulanan

    Jangan hanya mengurus keuangan negara atau perusahaan, kamu juga harus bisa menjadi pengelolaan pendapatan wanita. Ini akan memperlihatkan, apakah kamu disiplin pada diri sendiri atau hanya mendisiplinkan diri di tempat kerja. Pembuatan anggaran belanja bulanan akan memudahkan mengatur pengeluaran, sehingga tidak akan ada bocor yang mengakibatkan minus dan berutang nantinya.

    Ini akan menjauhkan kamu dari keborosan, pasalnya kamu sudah membuat master plan pengeluaran dalam satu bulan, bisa jangka pendek untuk harian hingga bulanan. Sehingga jelas, dimana uang keluar dan dikeluarkan untuk hal yang sesuai keinginan. Bukan itu saja, sebaiknya memikirkan pengeluaran bulanan tak terduga.

  • Pos Pengeluaran

    Ini hal yang diterapkan di Jepang, dimana masyarakatnya mengatur pengelolaan pendapatkan wanita dengan baik. Caranya dengan membuat pos pengeluaran, kamu tentu akan mendapatkan sejumlah uang setelah bekerja selama sebulan. Ambil itu semua dan masukkan dalam amplop, jumlahnya tergantung pengeluaran yang kamu perlukan.

    Tips Pengelolaan Pendapatan Wanita

    Sumber : kilasdaerah.kompas.com

    Jika sekarang sudah era digital, kamu bisa membuat pos pengeluaran tanpa menggunakan amplop, cukup pisahkan mana yang harus masuk dalam pengeluaran dan tabungan. Misalkan, kamu membuat dua rekening berbeda, satu untuk pengeluaran harian, sedangkan yang lain untuk menabung dan uang tak terduga.

  • Buat Catatan Pengeluaran

    Ada baiknya kamu membuat jurnal untuk pengelolaan pendapatan wanita, sehingga tahu kemana saja uang mengalir. Memang terbilang remeh, namun efektif untuk melihat tingkat keborosan. Kamu akan melihat kenapa saja pengeluaran dilakukan, jika nantinya akan melakukan penghematan, tinggal kurangi pos pengeluaran dengan jumlah terbanyak dan tidak diperlukan.

    Baca juga :Kebiasaan Bangun Pagi Bikin Kamu Punya 5 Kelebihan Ini 

    Catatan pengeluaran juga bisa menunjukkan tingkat keborosan kamu dalam satu bulan, misalkan kamu bisa melihat dalam bulan ini, berapa banyak jumlah pengeluaran untuk makan di luar atau hura hura setelah gajian. Padahal ini bisa ditekan dengan membawa makanan dari rumah, berhenti hura hura hanya hanya memberikan kesenangan sesaat saja.

  • Tabungan Berjangka

    Kamu harus punya tabungan, ini bukan hanya untuk mendapatkan barang atau keinginan kamu, melainkan memberikan masa depan lebih baik. Memang akan diberikan tunjangan hari tua, namun jumlahnya selalu di bawah standar hidup, apalagi kamu tidak lagi produktif seperti dahulu, kenapa harus menyulitkan diri sendiri di hari tua.

    Sebaiknya kamu membuat tabungan berjangka, sesuaikan dengan kebutuhan. Tabungan jangka pendek digunakan untuk membeli barang yang kamu perlukan, tabungan jangka menengah untuk membeli apa yang kamu inginkan. Sedangkan tabungan jangka panjang, gunakan ini untuk masa depan atau membantu di masa tua.

Baca Juga:  Gaji Bulanan Habis Melulu? Cari Tahu Penyebabnya Mulai Sekarang!

Ada banyak cara pengelolaan pendapatan wanita, jangan habiskan gajimu hanya karena gelap mata melihat diskon. Tidak semua barang memiliki nilai jual kembali, ada baiknya membeli barang yang memiliki nilai investasi. Tidak harus berupa tanah atau emas, kamu bisa memilih investasi yang menyenangkan dengan keuntungan menjanjikan.

You Might Also Like...

No Comments

    Leave a Reply