Lifestyle

Work Life Balance bagi Wanita: Hanya Mitos atau Ideal Dilakukan?

Work life balance menjadi sesuatu yang begitu diidamkan para wanita, apalagi yang sudah berumah tangga. Sayangnya, menyeimbangkan hidup antara pekerjaan dan pribadi hampir mustahil dapat diwujudkan. Kebanyakan wanita kerap menghabiskan waktu untuk bekerja.

Pada akhirnya, work life balance terkadang menjadi perdebatan bagi sesama wanita. Benarkah kehidupan yang seimbang betul-betul bisa dilakoni? Ataukah justru hanya sekadar mitos belaka?

Bekerja Sesuai Passion Tidak Otomatis Mendapatkan Work Life Balance

Bekerja Sesuai Passion Tidak Otomatis Mendapatkan Work Life Balance

sumber: Pexels

Banyak wanita menganggap bekerja seturut dengan passion adalah sebuah kebahagiaan. Padahal, belum tentu orang-orang yang bekerja dengan passion bisa mendapatkan hidup yang seimbang. Kenyataannya, passion terkadang membuat orang lupa waktu saat bekerja hingga sering lembur.

Keseimbangan dalam hidup tidak hanya berpatok pada jenis pekerjaan. Pada dasarnya, semua pekerjaan butuh komitmen dan tanggung jawab yang tinggi. Jika dua hal tersebut dimiliki seseorang yang berdedikasi tinggi, rasanya hidup yang seimbang antara pekerjaan dan pribadi pun tidak serta merta didapatkan.

Dilema antara Keluarga dan Pekerjaan

Dilema antara Keluarga dan Pekerjaan

sumber: Pexels

Work life balance kemudian menjadi dilema besar bagi seorang wanita yang sudah berkeluarga. Bukan hanya harus menyeimbangkan pekerjaan dan keinginan pribadi, ada kalanya dua hal tersebut justru berseberangan dengan urusan keluarga. Tugas dan tanggung jawab sebagai istri merangkap ibu kadang cukup berat untuk dilakoni wanita.

Baca Juga:  5 Kepribadian Wanita Memudahkan Meraih Kesuksesan

Mau tidak mau, wanita harus berpikir sedikit lebih keras untuk bisa memanajemen waktu dengan baik. Pekerjaan tidak boleh terganggu oleh masalah pribadi, demikian pula dengan keluarga yang tidak boleh terbengkalai. Hal ini kerap menjadi sumber stres sebagian besar wanita.

Memiliki Waktu Pribadi adalah Kunci dari Work Life Balance

Memiliki Waktu Pribadi adalah Kunci dari Work Life Balance

sumber: Pexels

Sesibuk-sesibuknya wanita, ada baiknya dirinya tetap punya waktu untuk sendirian. Tidak perlu berjam-jam, cukup luangkan 15-30 menit untuk menyenangkan diri sendiri. Banyak hal bisa dilakukan, mulai dari membaca, mendengarkan musik, atau sekadar melakukan perawatan wajah rutin.

Waktu pribadi dapat meningkatkan mood seorang wanita kala ada banyak masalah. Kegiatan ini sanggup menenangkan hati yang tengah gelisah atau lelah. Cara ini juga baik untuk menjaga kesehatan mental wanita yang berkarier sekaligus berkeluarga.

Wanita Harus Punya Manajemen Waktu Baik

Wanita Harus Punya Manajemen Waktu Baik

sumber: Pexels

Terakhir, mau tidak mau mengelola waktu adalah cara terbaik untuk mendapatkan keseimbangan hidup. Batasi diri agar tidak terus-menerus bekerja tanpa memberikan waktu untuk tanggung jawab dan kegiatan lain. Tidak mungkin kan hidup kamu harus diisi dengan bekerja hampir 24 jam?

Kelola waktu dengan baik agar pekerjaan di kantor juga selesai tepat waktu. Alokasikan waktu istirahat dengan cukup dan milikilah waktu untuk bersenang-senang di akhir pekan. Jangan lupa taati jadwal harian yang sudah kamu buat agar hidupmu seimbang.

Baca Juga:  4 Prinsip Dasar Cara Hidup Hemat Ala Orang Jepang, Patut Ditiru!

Terapkan tips singkat tadi untuk mendapatkan work life balance impianmu. Meski tidak sepenuhnya dapat diwujudkan, setidaknya kamu harus tetap bisa menikmati hidupmu ya.

You Might Also Like...

No Comments

    Leave a Reply