Lifestyle

5 Rahasia Working Mom Tetap Bisa Kerja Nyaman di Rumah

Working mom belakangan ini pasti sempat repot ketika harus work from home sembari mengurus rumah tangga. Belum lagi kalau memiliki anak yang masih balita. Duh, kebayang deh repotnya harus membagi waktu antara bekerja dan anak.

Tenang, working mom tetap bisa bekerja nyaman selama di rumah kok. Daripada mengeluh capek melulu, coba lakukan langkah sederhana berikut ini.

Tentukan Jadwal Harian Terlebih Dahulu

Tentukan Jadwal Harian Terlebih Dahulu

sumber: Pexels

Bayangkan, betapa repotnya mengurus anak yang dibarengi dengan tuntutan pekerjaan dari kantor. Oleh sebab itu, para ibu butuh jadwal setiap harinya sebelum memulai bekerja. Jadwal harian tersebut berisi pembagian waktu antara pekerjaan rumah, mengurus anak, bekerja, hingga waktu istirahat.

Meski kenyataannya tidak tentu sesuai jadwal, setidaknya hal ini sangat membantu pengaturan waktu. Kalau sudah pakai jadwal harian saja kadang repot, bukankah akan jauh lebih berantakan kalau tidak direncanakan sama sekali?

Selesaikan Tugas-Tugas Rumah Tangga sebelum Bekerja

Selesaikan Tugas-Tugas Rumah Tangga sebelum Bekerja

sumber: Pexels

Dalam membuat jadwal harian, pastikan memprioritaskan untuk menyelesaikan pekerjaan rumah sebelum mulai bekerja. Tentu para working mom tidak mau kan di tengah asyik bekerja, eh tiba-tiba teringat masalah cucian, bersih-bersih rumah, atau memasak. Sebaiknya siapkan waktu yang benar-benar fokus digunakan untuk bekerja.

Baca Juga:  5 Manfaat Punya Teman Blak Blakan, Sarkas Hingga Kasar

Sebisa mungkin siapkan makanan yang lebih mudah dibuat dan bisa dipersiapkan sedari malam sebelumnya. Jadi, para ibu tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam untuk memikirkan menu masakan tiap hari. Pastikan bisa mengukur kemampuan sendiri dalam mengelola waktu ya.

Manfaatkan Waktu “Sepi” untuk Fokus Bekerja

Manfaatkan Waktu "Sepi" untuk Fokus Bekerja

sumber: Pexels

Saat anak sudah tidur dan bisa ditinggal, inilah saatnya para ibu mendedikasikan waktu untuk bekerja. Manfaatkan waktu tersebut untuk menyelesaikan pekerjaan atau rapat dengan orang-orang kantor. Agar bisa bekerja lebih efisien, pastikan sudah membuat list pekerjaan apa saja yang harus diselesaikan ya.

Memang sih pasti ada kalanya badan capek karena sudah bekerja sedari pagi. Namun, jangan justru leyeh-leyeh santai saat waktunya bekerja. Tahan dulu lelahnya agar bekerja bisa fokus tanpa perlu menumpuk pekerjaan di hari berikutnya.

Bersikap Fleksibel agar Tidak Rentan Stres

Bersikap Fleksibel agar Tidak Rentan Stres

sumber: Pexels

Meski sudah memiliki jadwal harian, bukan berarti para ibu harus terlalu keras pada diri sendiri ya. Tidak bisa dipungkiri ada kalanya kenyataan di lapangan tidak berjalan sesuai jadwal. Ada saja halangan, terutama kalau anak sedang rewel.

Bersikaplah fleksibel pada perubahan kecil yang terjadi di luar jadwal harian. Jangan keburu kesal kalau beberapa hal harus tertunda karena masalah kecil. Jika para ibu terlalu keras pada diri sendiri saat bekerja di rumah, rasa stres dan frustasi pun justru lebih kerap mampir.

Baca Juga:  Trik Cerdas Pengelolaan Pendapatan Wanita, Tanpa Utang!

Berikan Pemahaman pada si Kecil

Berikan Pemahaman pada si Kecil

sumber: Pexels

Tugas seorang working mom yang tidak kalah penting adalah memberi pemahaman pada anak tentang pekerjaannya. Seorang ibu tidak bisa otomatis mengomel pada anak-anak kala mereka mengganggu kerja. Bisa jadi sebenarnya mereka hanya kurang paham kalau ibunya harus bekerja di rumah.

Di mata anak-anak, keberadaan ibu di rumah adalah kesenangan karena bisa bermain bersama. Jadi, beri pengertian juga kalau ibu harus bekerja di jam-jam tertentu tanpa bisa diganggu. Ajak anak mengenal dunia ibunya agar pelan-pelan bisa memahami.

Semangat untuk para working mom yang harus kerja di rumah. Semoga bisa menikmati waktu bersama keluarga dan menyelesaikan pekerjaan dengan seimbang ya!

You Might Also Like...

No Comments

    Leave a Reply